Tuesday, May 7, 2013

Ibu.....

by Ellyssee Lavin (Notes) on Thursday, April 1, 2010 at 12:25am


Ibu...
Air mataku jatuh terbuncah haru
Sepiku kian kejam mengiris qalbu
Hari hari menjauh memenjarakan jarakmu padaku

Ibu.....
Apa kabarmu belahan jiwaku?
Tahukah kau Ibu, aku sangat merindukanmu..
Kau dengar, nyanyian gerimis malam yang begitu memilukan..
Dia bawakan pesan sedu sedanku diatas bantal kecilku
Kau lihat sinar rembulan yang nampak redup tiada hidup..
Dia coba sampaikan ada separuh sumringahku terasa hambar
Tidakkah kau sadari pelangi tak lagi hadirkan indahnya ketujuh warna warni
Karena sebagian bahagiaku telah hilang rengguti hati

Ibu.....
Apa kabarmu hari ini
Dulu dari kisah album lamamu menjadi sejarah darahku
Kasihmu tak lekang diusia usang
Cintamu tetap hangat membara dalam waktu yang usah renta
Jasamu menjadi menjadi inspirasi seorang Dewi
Keibuanmu bak mukjizat cahaya bagi seribu jabang bayi

Ibu.....
Apa kabarmu hari ini..
Wajahmu penuhi kelopak mata ini
Suaramu lembut merdu sesaki baluh qalbuku
Teduhnya matamu tak mampu menahan kerinduanku
Hangatnya pelukmu luluh lantakan hati sepiku
Pangkuanmu begitu kuat memanggil jerit naluriku
Kumau habiskan tawa dalam pijar sinar mata sahajamu
Kuingin sematkan segala do'a dibawah juntai kaki kaki berkahmu
Kuingin habiskan air mata ini tuk basuhi peluh lelahmu

Ibu.....
Apa kabarmu hari ini..
Aku rindu bermanja dikala kuingat kau beri aku kembang gula
Aku kangen omelan dan gerutu kecilmu, saat ku malas rapikan tempat tidurku
Aku rindu celoteh ramaimu, saat aku merengek minta sandal kayu

Ibu...
Temui aku dimalam gelapku, ada ruang istimewa dilelap tidurku, disana aku menunggu songsong sapa dan senyuman teduhmu, raih bahuku, peluk aku, bawa aku jauh kedalam damai pangkuanmu, usapi rambutku, caci maki aku dalam petuah2 saktimu, kenali aku dalam sejuta rasaku yang kubawa begitu banyak padamu...

Ibu.....
Aku tahu engkaupun berat menanggung beban rindumu
Rasamu pun telah lebih dahulu tau akan susah dan bahagiaku
Buatku enggan cerita banyak tentang aku punya balada yang tak biasa
Buatku berat sampaikan kabar, jika aku tak sempurna bersandar
Buatku urung sodorkan muka yang murung dibalik kerudung

Ibu.....
Semakin aku dewasa, semakin engkau beranjak tua, sayangku terasa makin nyata
Sabar dan solehahmu adalah cita2ku dalam berilmu hidup diatas umurku
Menjadi seorang Ibu, suatu bukti nyata bagiku, jika Engkau bagian dari jiwaku
Jauh darimu tak lantas lupakan kesejatian kasihmu yang kau tebar disekelilingmu

Ibu.....
Kau perjuangkan nyawaku hingga kuterjaga di dunia
Kau hidupi aku dari darah dagingmu
Kau besarkan aku dengan dari segenap kesadaran jiwa ragamu
Kesulitan duniawi tak buat kau susah hati beriku cinta bertaruh diri

Ibu.....
Semoga kau baik-baik raja dan sempurna dalam istiqomahnya
Kuharap kau makin bijak menapaki usia
Aku bangga melihatmu makin sering mengenakan pakaian malam yang putih lambangkan ikhlas nan sakral
Tanganmu tulus menenteng tasbih dalam dzikir lirih nan halus
Aku kian tenang kerap mendapatimu terjaga dalam sembahyang di sepertiga malam, ditemani Ayah yang tak kalah gagah menjadi Imam di mushola yang tak megah

Ibu.....
Aku rindu, namun kita mesti terantuk jarak waktu dan terpaksa simpankan rindu
Tak mengapa, asalkan kau setia hadir dalam mimpi malam2ku
Jenguki aku dalam do'a2 malammu
Kuyakin rasaku rasamu adalah sama dan menjadi satu

Ibu.....
Titip pesanku untuk Ayah
Akupun rasakan rindu yang sama
Sampaikan padanya, aku begitu gemas menyisiri rambut putihnya
Kedua alis tebalnya masih sisakan garis wibawa yg dulu sering aku takut dibuatnya
Suara beratnya buatku kagum dan tak berani banyak bertanya

Ya Tuhan...
Aku merindukan sangat keduanya
Beri mereka panjang usia dalam sehat lahir dan batinnya?
Selamatkan mereka
dari segala uji coba
Jauhkanlah mereka dari setiap musibah dan marabahaya di sekelilingnya
Ampuni mereka dari segala khilaf kecil hingga dosa dosa yang membebaninya
Mudahkanlah "perjalanan" mereka dalam pencariannya menujuMU dan mengenalMU
Tempatkan mereka sebagaimana mereka dahulu berasal dariMU
Dan aku yakin, Syurga adalah cita2 mereka, aku dan setiap insan milikMU
Dan do'aku kan selalu menghantar langkah2 mereka padaMU

Ayah, Ibu.....
Maafkan segala kurang, dan dosa2ku padamu, yang tak pernah kutahu dan tak dapat lagi kuhitung dan kutakar berapa banyaknya padamu, hingga menjadi susah dan hujanan penat serta air mata darimu,

Ayah, Ibu.....
Do'akan aku, agar aku mampu menjadi Amanah yang mudah dan berkah bagimu

Ya Rabb.....
Dengarlah dan kabulkanlah do'aku
Dan ijinkanlah malam ini mereka datang temui aku dalam mimpiku
Aku telah lelah menangis ratapi rasa rindu akan sang Ibu

No comments:

Post a Comment